Olvie Ateng

Konsumen di Sulut Dirugikan

Olvie Ateng

Olvie Ateng

 

Editor: Harry Tri Atmojo

RADARBOLMONG, MANADO – Banyaknya pengusaha di Sulut bahkan di daerah yang belum memahami pentingnya perlindungan konsumen mengakibatkan banyak konsumen di Sulut merasa dirugikan.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut, Olvie Ateng didepan sejumlah wartawan, kemarin.

“Belum semua pelaku usaha mengerti, memahami serta mengimplementasikan undang-undang perlindungan konsumen. sehingga sering kali konsumen dalam kondisi yang dirugikan,” ujarnya.

Karena itu, kata Ateng, pemerintah daerah terus menerus melakukan sosialisasi tentang perlindungan konsumen termasuk pada pelaku usaha. Dalam perdagangan jaman modern ini, perlindungan konsumen menjadi keharusan bagi pelaku usaha.

“Konsumen harus terlindungi dari barang yang berbahaya bagi kesehatan, barang tidak layak dan lainnya, yang pada intinya merugikan konsumen, dan pelaku usaha harus memahaminya,” tandasnya.

Dijelaskannya, perlindungan konsumen menjadi salah satu perhatian pemerintah termasuk pemerintah daerah, karena itu secara kontinue melakukan pemantauan produk yang beredar di masyarakat baik pangan maupun barang kebutuhan lainnya. Indonesia, sudah memiliki undang-undang mengatur tentang perlindungan terhadap konsumen yakni Undang Undang Nomor 8 tahun 1999.

“Dalam undang-undang tersebut dijelaskan akan hak dan kewajiban konsumen, dan ini seharusnya ditaati pelaku usaha, karena itu kita akan terus mendorong agar pelaku usaha semakin paham kewajibannya terhadap konsumen,” ungkapnya.

Hal ini juga berlaku di Kabupaten/Kota di Sulut. Pihaknya berjanji akan menlakukan sosialisasi terkait hak dan kewajiban konsumen. (*)

One thought on “Konsumen di Sulut Dirugikan

  1. Irrrm a sucker for these kinds of 460288.pink2.net. I use a tremendous foot plus they fit in the right way. They really are clothing along with wonderful I are already taking them all on a daily basis. Thanks for just a very good kind of 460288.pink2.net.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>