Sosialisasi BPBD

Minimalisir Kerugian Bencana

Sosialisasi BPBD

Sosialisasi BPBD

 

RADARBOLMONG, BENCANA yang terjadi di Bolmong beragam jenis maupun skalanya (Magnitude). Di samping bencana alam, Bolmong juga rawan terhadap bencana akibat ulah manusia. Hal itu disebabkan karena faktor letak geografis dan geologis serta demografis. Bencana mengakibatkan dampak terhadap kehilangan jiwa manusia, harta benda dan kerusakan prasarana dan sarana.

Kerugian harta benda dan prasarana dapat mencapai jumlah yang sangat besar dan diperlukan dana yang cukup besar pula untuk pemulihannya.

Guna meminimalisir kerugian akibat bencana dan juga mengantisipasi musim penghujan yang biasanya terjadi September sampai Desember  nanti, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmong menggelar sosialisasi kepada masyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan (4/9) ini sudah menjadi agenda BPBD Bolmong. Lokasi pelaksanaan di Kecamatan Sang Tombolang. Pesertanya melibatkan sangadi (kepala desa,red), perangkat desa dan tokoh masyarakat.

Sosialisasi yang bertemakan “Kita tingkatkan pengetahuan masyarakat mengenai pencegahan dini bencana di Bolmong ini dibuka langsung Kepala BPBD Bolmong Ir Dadang G Nugroho. Dadang menjelaskan bahwa penanggulangan bencana merupakan rangkaian kegiatan yang bersifat preventif, penyelamatan dan rehabilitatif.  “Yang harus diselenggarakan secara koordinatif, komprehensif, serentak, cepat, tepat dan akurat melibatkan lintas sektor dan lintas wilayah sehingga memerlukan koordinasi berbagai instansi terkait di antaranya BPBD,” jelas Dadang.

Dia juga memeberi penekanan pada kepedulian publik dan mobilisasi masyarakat. “Alhamdulillah dengan adanya kegiatan sosialisasi ini aparat desa sudah bisa memahami proses pelaporan kejadian bencana,” tambah Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Bolmong Hj Diana Wahab SH.

Untuk pelaporan apabila terjadi bencana lanjut Diana, masyarakat bisa langsung menghubungi nomor telepon darurat bencana. “Silahkan tekan (0434) 2626146 dan 085657059320,” tandas Diana.

Editor: Yokman Muhaling

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>